Senin, 01 September 2014

DISKUSI

NASAB ROSULILLAH SAMPAI KE NABI ISMA'IL AS
Muhammad Rasulullah bin Abdullah bin Abdu Muthalib bin Hasyim (cikal bakal Bani Hasyim) bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib bin Fihr (cikal bakal Suku Quraisy) bin Malik bin Al Nadhar binKinanah (cikal bakal Bani Kinanah) bin Khuzayma bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan bin Add bin Humaisi‘ bin Salaman bin Aws bin Buz bin Qamwal bin Obai bin ‘Awwam bin Nashid bin Haza bin Bildas bin Yadlaf bin Tabikh bin Jahim bin Nahish bin Makhi bin Ayd bin ‘Abqar bin ‘Ubayd bin Ad-Da‘a bin Hamdan bin Sanbir bin Yathrabi bin Yahzin bin Yalhan bin Arami bin Ayd bin Deshan bin Aisar bin Afnad bin Aiham bin Muksar bin Nahith bin Zarih bin Sami bin Wazzi bin ‘Awda bin Aram bin Qaidar bin Nabi Ismail bin Nabi Ibrahim

CATATAN KAKI

1.       Nabi Ya’qub Beristri        1.Layya binti Laban berputra :
1.Rabil
2.Sam’un
3.Lawa
4.Yahudza
5.Yasyakir
6.Zabulon
                                                                2.Rahil berputra :
                                                                                1.Yusuf
                                                                                2.Bunyamin
                                                                3.Zulfa berputra :
                                                                                1.Daan
                                                                                2.Haftali
                                                                4.Balhah berputra :
                                                                                1.Yad
                                                                                2.Asyir
                                                               
                                                               
Nabi Ibrohim Beristri      1.Dewi Hajar berputra Isma’il
                                                2.Dewi Syaroh berputra Ishaq
                                                3.Dewi Qonturo’ berputra :
                                                                                1.Madan
                                                                                2.Madyan
                                                                                3.Yaqsyan
                                                                                4.Zamron
                                                                                5.Usbuq


2. Pertanyaan :
     Mohon penjelasan tentang praktek waqof yang benar pada lafadh-lafadh 
     di bawah ini :
     ,نعم  العبد , الذئب  , منه , من  القتل , أخرجتك , khusus pada lafadh أخرجتك  dan lafadh
      من القتل  masih tetapkah Hamsnya ?
      Jawaban :
      Prakteknya suadah kita dengar dan kita lihat bersama ( harus musyafahah)
      adapun mengenai sifat hamsnya masih tetap ada
      Catatan :
      1. Dua huruf terahir harus tetap terbaca.
      2. jangan sampai mengubah harokat ,sebagaimana istilah dalam ilmu nahwu
          yang di sebut waqof naql contoh منه  di baca " MINUH ".
      3. Jangan sampai mengandung suara < e > pepet : jawa ) sehingga terbaca
           " MINEH "
      4. Waqof pada kalimat yang sebelum ahir berupa khuruf shohih memang berat
           ,sehingga para Qurro' boleh mewaqofkannya dengan waqof Roum ,kalau
           memang khuruf Akhir kalimat tersebut berkharokat dlummah atau kasroh.
      Keteranga a.l. dari  :
ويجب  المحا فظة  على  همسه  خصوصا  عند الوقف عليه نحو  قوله  وتمت وكلمت وبقيت  لئلا يصير دالا
مهملة ( نهاية القول  المفيد  ص : 85 
             
 1. Ibadah Haji merupakan Rukun Islam ke lima yg di wajibkan bagi orang islam
    yang sudah mampu dengan persaratan tertentu:
    Pertanyaan :
    Bagaimana menurut Fiqih dan Tasawwuf ,naik haji dengan uang
    haram, ghosob dan subhat ?

    Jawab :
    Hajinya tetap syah dan telah menggugurkan kewajibannya tapi tidak mabrur.


          الخا مسة  : ليحرص  على  ان  تكون  نفقته  حلالا  خالصة  من الشبهة  فأن  خا لف  وحج  بما  فيه شبهة  او بمال مغصوب  صح  حجه فى  ظا هر  الحكم . لكنه  ليس  مبرورا  ويبعد  قبوله  هذا  مذهب  الشا فعى  ومالك  وابى حنيفة  رحمهم  الله  وجماهير  العلماء  من  السلف  والخلف  . وقال  احمد  ابن حمبل  لا يجزيهم  بمال حرام . 
( الا  يضاح  للنووي  ص  16  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar